Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Berkerja  adalah sebuah tahapan yang akan dijalani oleh setiap orang. Bekerja pada sebuah bidang pekerjaan yang disenangi dan sesuai dengan bakat dan kemampuan kita tentu menjadi impian semua orang.  Namun tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya, banyak juga orang yang bekerja di suatu bidang karena "terpaksa" karena hanya itulah pilihan terakhir dan satu-satunya.  Salah satu yang harus anda lakukan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan adalah mengajukan diri, yaitu dengan cara membuat surat lamaran perkerjaan.  Banyak orang salah kaprah, menganggap surat lamaran kerja tidak penting dan dibuat sembarangan, padahal  surat lamaran kerja adalah bentuk promisi anda kepada kantor/perusahan.  Semakin bagus promosinya maka orang akan semakin tertarik mempekerjakan anda.  Berikut saya berikan tips untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar :
1. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar
2. Format penulisan rapi dan tidak menggunakan bahasa yang berbelit-belit
3. Melengkapi semua data-data yang dibutuhkan perusahan tempat anda melamar
4. Lampirkan surat pendukung lainnya, seperti surat pengalaman kerja, sertifikat prestasi dll

Contoh Surat Lamaran Kerja


Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia  
PT. Jaya Sakti Abadi
Jl. Simatupang No. 30
Bandung

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Jaya Sakti Abadi yang saya dapatkan dari harian Radar Bandung pada tanggal 10 November 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Jaya Sakti Abadi.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                         : Suparto
Tempat / tgl. lahir      : Banjar, 14 Juni 1994
Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika
Alamat                       : Jl. Nakazawo Cifor No. 16, Banjar
Telepon (HP)             : 0856787865643

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah S1
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  • Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,

Suparto

Contoh surat diatas bukanlah bentuk baku dari surat lamaran kerja, anda dapat memodifikasinya sesuai dengan profil anda sendiri.  Namun yang sangat penting adalah kejujuran dalam menampilkan profil diri anda.  Karena kejujuran adalah jembatan anda dalam meraih sebuah kesuksesan. Semoga artikel singkat ini dapat membantu anda dalam meraih impian anda.

0 comments:

Post a Comment