Penulisan Huruf Kapital

Dalam tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar, penulisan huruf kapital harus diperhatikan. Berikut aturan dalam penulisan huruf kapital :

  1.  Gunakan huruf kapital pada kata pertama dari setiap kalimat.
  2.  "Aku" selalu dikapitalisasi, bersama dengan semua kontraksi-nya.

    Contoh:
    • Aku bisa melakukannya.
    • Aku akan melakukannya besok.
    • Aku akan melakukannya sekarang.
  3. Gunakan huruf kapital pada kata pertama dari kalimat yang dikutip.

    Contoh: Dia berkata, "Aku bisa melakukan ini."
  4. Gunakan huruf kapital pada kata benda.

    Contoh:
    • Menara Eiffel
    • Christopher Knight
    • Biro Investigasi Federal
  5. Gunakan huruf kapital pada title/gelar seseorang ketika mendahului nama.

    Contoh: Dokter Smith

    Perkecualian: Bapak Smith, dokter di rumah sakit, datang untuk memeriksa saya.
  6. Gunakan huruf kapital pada setiap judul bila digunakan sebagai alamat langsung.

    Contoh: "Bisakah Anda menjawab pertanyaan ini, Senator?"
  7. Jangan gunakan huruf kapital pada nama-nama musim.
  8. Gunakan huruf kapital pada penunjukan arah hanya ketika mereka mengacu pada kawasan tertentu.

    Contoh:
    • Saya mempunyai saudara yang berkunjung dari Selatan.
    • Aku sekumpulan selatan yang menuju ujung blok itu.
  9. Setelah sebuah kalimat diakhiri dengan titik dua, jangan menggunakan huruf kapital pada kata pertama jika dimulai dengan sebuah daftar.

    Contoh: Ini adalah makanan favorit saya: ayam, kentang dan roti.
  10. Gunakan huruf kapital pada kata pertama dan semua kata-kata dalam judul buku, artikel, karya seni, dll, tidak termasuk preposisi/kata penghubung dan konjungsi.

    Contoh: "EzineArticles Menulis dan Pemasaran"

0 comments:

Post a Comment