Beban Kerja Guru

Kadang banyak selentingan orang, menjadi seorang guru itu enak....kerja setengah hari habis itu pulang bisa berkumpul bersama keluarga.  Trus klo udah bagi rapot...libur deh tanpa perlu ngambil cuti.  Belum lagi untuk daerah-daerah yang bernuansa islami klo bulan ramadhan tiba bisa libur panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang he.he. sory ya keyboardnya lengket.  Memang sih klo masalah libur, guru memang nomer wahid di banding dengan pegawai kantoran lain.  Tapi banyak yang belum tau klo beban kerja guru tidak seenteng yang orang liat.
Gini deh saya jabarin aja kerjaan kerjaan seorang guru ( guru yang baik tentunya ) biar yang lain ga ngiri hehehe:
1. Bikin Program Tahunan
Sebelum musim tahun pelajaran dimulai,seorang guru harus menyusun program tahunan.  Berisi tentang SK/KD/Indikator yang harus dicapai dalam satu tahun pelajaran di sesuaikan dengan hari/minggu/bulan efektif belajar.  Apa itu SK/KD/Indikator ? klo yang anak FKIP tentu sudah ngeh aja, tp klo bidangnya di luar pendidikan tentu bertanya-tanya makhluk apaan lg tuh hehehe.  Daripada dijelasin panjang lebar mending nanya sama Mang Google aja deh..........
2. Bikin Program Semester
Sama seperti program semester tapi dibikinnya tiap satu semester.
3. Bikin Silabus
Silabus ini lebih ribet lagi, isinya merupakan skema pembelajaran yang akan dilaksanakan secara umum.
4. Bikin Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Ini yang bikin para guru ga karuan makan (terutama klo lg sariawan hehehe). Isinya tentang rancangan kegiatan pembelajaran secara rinci per pertemuan atau per Kompetensi Dasar. Klo boleh diibaratkan RPP ini laksana Peta petunjuk arah bagi guru agar saat melaksanakan pembelajaran guru tidak nyasar atau tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.  Makanya RPP ini harus disusun secara cermat biar tepat sasaran dan anak berhasil dalam pembelajaran.  Klo seorang guru mengajar tanpa RPP di khawatirkan pembelajaran akan tidak tertata dan tidak terstruktur.
5. Bikin Kisi-kisi soal
Setiap akhir pembelajaran guru biasanya melakukan evaluasi, untuk melihat apakah pembelajaran yang dilaksanakannya berhasil di terima anak atau tidak.  Salah satu cara evaluasinya adalah secara tertulis.  Nah,,,setiap guru memberikan soal-soal yang harus dijawab murid ga boleh dibikin sembarangan Bro.., mesti membuat yang namanya kisi-kisi soal.  Isinya berupa tujuan dari soal itu sendiri.  Trus dilihat juga tingkat kerumitan dari soal itu sendiri contohnya : Sebutkan ...? beda dengan Jelaskan....? ada tingkatannya, biasanya di sebut denga C1, C2 dst...
6. Bikin Media atau peraga
Agar murid mudah menangkap pelajaran biasanya guru menggunakan media pembelajaran, klo kebetulan sekolah mempunyai fasilitas lengkap guru akan lebih mudah karena media atau alat peraga tinggal comot saja dari Gudang.  Tapi klo sekolah kelengkapannya terbatas guru mesti membuat sendri media tersebut.  Fungsinya sebenarnya simple yaitu sebagai jembatan penghubung antara apa di jelaskan guru bisa di tangkap (kiper kali...) oleh murid. Klo guru komat kamit saja didepan kelas itu bersifat abstrak bagi murid tapi klo guru bisa menghadirkan objek yang dijelaskan didepan murid itu bersifat konkrit, dan pembelajaran akan lebih bermakna klo bersifat konkrit.
7. Melaksanakan pembelajaran
Klo semua persiapan diatas sudah, tinggal melaksanakan pembelajaran atau bhs mudahnya guru ngajar gitu lo.  Ini lah fase yang paling penting dari semua tetek bengek administrasi guru.  Banyak tantangan yang dihadapi guru saat di kelas. Mulai dari anak bandel sampai sampai anak yang pemalas.  Tapi yang utama saat berada di kelas adalah penguasaan kelas.  Guru harus bisa membaca situasi...dan merespon dengan cepat apa yang dibutuhkan saat itu oleh murid.  Sangat tidak efektif saat murid sudah jenuh belajar guru memaksakan mengejar materi pelajaran.  Perlu ada refresing saat murid sudah menurun daya tangkap terhadap pelajaran, bisa dengan humor-humor ringan agar suasana kelas tidak kaku.  Belajar dari pengalaman masa sekolah dulu, guru yang banyak disukai murid adalah guru menyelingkan humor disela-sela pembelajaran.

Tidak cukup sampai di situ, kerjaan guru masih banyak lagi.......tp berhubung udah cape ngetiknya, di singkat aja ye...

8. Menilai hasil evaluasi
9. Melakukan remedial bagi murid yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
10. Menulis Raport
11. Ngeles
12. Membina ekstra kurikuler
13. Dst.........dst............pokoknya masih banyak deh yang jadi kerjaan guru, jd jangan anggap enteng kerjaan guru.  Jadi pada kesimpulannya mari kita berkarya pada bidang masing-masing demi kejayaan Bangsa Indonesia.....Cie i leee...he.he..  Dah dulu ya udah pegel ni tangan thanks yang udah baca, jgn lupa komennya.

0 comments:

Post a Comment